welcome to my ancient blog

seluruh postingan ini bersumber dari google searching yg tersedia di layanan internet dan juga milik masing2 pemilik..saya hanya menambahkan dan menshare ke blog ini saja

Senin, 19 Juli 2010


FACTA YG SEBENARNYA TTNG 300 PASUKAN SPARTA "LIAT FILM 300"

Boleh dibilang ini adalah salah satu pengangungan sejarah paling konyol. Seperti yg kita ketahui, sejarah perang ini dicatat oleh orang2 Yunani sehingga hasilnya jauh dari objektif bahkan unsur propaganda dan pengagungan objek "Leonidas" dan "Sparta" atau lebih umumnya "Yunani" sangat besar terlihat. Beberapa hal yg sangat overrate yaitu :

- Total pasukan Yunani (Sparta) yg menghadapi Persia Achaemenid hanya berjumlah 300 orang. Padahal temuan sejarawan modern menyebutkan Pasukan Sparta dibantu oleh beberapa koloni (City States) sehingga total pasukannya sebesar lebih dari 7000 orang.

- Jumlah pasukan Persia yg menyerbu Yunani mencapai 1.000.000 tentara. Padahal temuan modern membuktikan Persia membawa paling banyak 100.000 tentara.

- Pencatatan sejarah yg konyol tersebut jelas bertujuan untuk mengagungkan bangsa Yunani, karena 300 orang pasukannya bisa menahan 1 juta tentara Persia. Padahal fakta yg terjadi sanga jauh dari apa yg ditulis.

- Oleh sejarawan Yunani, Bangsa Persia digambarkan sebagai bangsa barbar yg tidak memiliki budaya. Padahal faktanya Peradaban Persia saat itu lebih tinggi dari Yunani. Buktinya adalah terheran2nya Alexander the great akan kemegahan ibukota Persia (Susa & Babylon) waktu pertama kali memasuki kota tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar